Saya tidak mau pake kacamata!

glasses1

Waktu kecil dulu, saya punya tetangga, sepasang suami istri. Nah, si istri ini menurut pengamatan saya –waktu itu- yaaa bisa dibilang cantiklah :P. Dan… yang paling saya ingat waktu itu adalah dia berkacamata, uy! Akhirnya, muncullah satu kesimpulan bodoh saya waktu itu, bahwa kacamata adalah aksesoris yg bisa memperindah wajah seseorang. Weks..

Trus, saya juga masih ingat, sempat bilang ke ibu, kalo sudah besar nanti mw pake kacamata, seperti tetangga yang cantik itu. Masih ingat juga, kakak2 saya pada gegulingan ketawa waktu dengar kata2 itu dari saya.

Seiring berjalannya waktu dan berkurangnya kebodohan saya, akhirnya saya tau bahwa kacamata itu sama sekali bukan aksesoris yg patut dibangga2kan. Mosok orang yg matanya minus bangga?

Dan tiba2 saja sekelebat ”impian” saya itu terngiang2 di benak. Betapa tidak, akhir2 ini saya merasa gejala mata minus itu mulai menjangkiti saya. Saya sendiri tidak yakin apa memang ini gejalanya mata minus, tapi yang saya rasakan, semakin sulit buat saya membaca teks dari jarak tertentu, yg dulunya bisa saya baca. Misalnya waktu nonton tivi, saya kesulitan membaca running teks yang biasa muncul di tivi, atau subtitle dari film asing misalnya. Harus betul2 mendekatkan mata ke layar, baru bisa kebaca. Padahal dulu2 kalo nonton di rumah dengan jarak segitu dan ukuran tivi yang sama, saya masih bisa baca tuh..

Pernah juga waktu ada presentasi di salah satu ruangan kantor. Saya betul2 tidak bisa membaca dengan jelas tiap slide yang ditampilkan di depan. Pedahal teman saya di samping masih bisa membaca dengan baik.
Belum lagi kalo kelamaan depan monitor, saya tiba2 suka pusing sendiri, pandangan jadi kayak mutar2 gitu. Hadooohhh ada apa ini?

Jangan2 gara2 ini juga yak, saya jadi minus. Soalnya sejak bekerja kan saya lebih banyak di depan monitor. Ostosmastis, dari jam 8 sampe jam 4 melototin layar kompi. Blum lagi kalo disambung onlen di rumah. Bisa sampe ketiduran depan monitor. Apa ini penyebabnya? *bertanya kerna tidak tau*

Siapapun yang membaca ini, ada yg tau tidak gejala awal mata minus? Saya blum berani ke dokter siy, belum berani mendapati kenyataan kalo misalnya saya beneran harus pake kacamata, oh no..!!

Satu lagi, berhati2lah dengan apa yg Anda ucapkan. :lol: Saat ini, semakin yakin kalo tiap perkataan adalah doa. Ga nyangka kalo ucapan polos saya waktu masih kecil malah dikabulkan di saat sy tidak menginginkannya lagi. *halah*
Coba waktu itu saya bilang mw jadi presiden, bisa saja saat ini saya sudah menjadi presiden termuda, hohoho… *ngimpi*

Buat yg sudah pake kacamata, gimana rasanya? Share dunk :D

sumber gambar

52 Responses

  • Sebelum komen, izinkanlah saya tertawa dulu… “hahahahah….” (lmao) (rofl)
    (okok) First of all, turut berduka cita… atas mencembungnya lensa matamu Sista… Itu berarti, agar dapat melihat dengan jelas, lensa yang mencembung itu harus dibantu dengan lensa cekung (alias minus).

    Kata guru fisika saya sih, miopi (rabun jauh) itu sudah menjadi hukum alam. Karena mata manusia didesain untuk melihat benda jarak jauh dalam waktu lama, dan melihat benda jarak dekat dalam waktu singkat. Sedangkan kebutuhan penglihatan setiap orang berbeda-beda. Ketika seseorang melihat objek jarak dekat dalam waktu tertentu… maka lensa mata akan mencembung, namun ia akan kembali normal ketika melihat objek dengan jarak biasa atau jarak jauh. Tapi, jika hal itu terjadi terus-menerus dan durasi melihat objek jarak dekat itu semakin bertambah, maka lensa mata yang mencembung itu akan sulit kembali ke bentuknya yang semula, maka terjadilah miopi alias rabun jauh. :D (ruwet yak penjelasannya, tp setahu saya begitu)

    Bersyukurlah bagi orang2 yang lensa matanya elastis dan mudah kembali lagi ke bentuk semula. Lalu ikhlaskanlah… bagi orang2 yang telah mencembung lensa matanya, dan akhirnya harus dibantu dengan kacamata. :D

    Suggestion : Segera cek (visus)! Kalo minusnya masih di bawah 1, ga perlu pke kacamata. Cukup perbaiki kebiasaan buruk dalam membaca ;) (ex : jgn baca smbil tidur :D) *tp kalo saya dr dulu ga tobat2* :P Tapi…. kalo di atas satu… Hiiiiy! Daripada menderita karena rabun, lebih baik pake kacamata ;) (goodluck)
    *membalas komen iLLa yang tidak kalah puaaaaaanjaaaaang di blog saya* hahahaha :D


    mudah2an masi dibawah satu, jadi ga perlu pake *membayangkannya saja ngeri..
    ah masih lebih panjang komen sayah :siul

  • wah2 mbak cici komengnya dasyat bgt… panjang bgt.. penjelasanya dasyat :D


    mw bales dendam dy, komenku di blognya juga panjang bet soalnya :D

  • ai, kenapa mi itu matamu? siap-siap mi pake kacamata.. *takut2i iLLa*

    haha.

    lebih baik periksa mi saja langsung.. :p


    ngng.. ga ada waktu sa.. sibuk.. sibuk onlen :lol:

  • periksa mi saja kak.. saya juga kemarin disuruh periksa (tapi sampe skarang belum2pi juga) (hasle)…

    lebih baek lebih baek daripada daripada….


    eh pimi dulu dirimu periksa baru suruka, ini mi ini..

  • saya juga nggak pake kacamata..
    walaupun mata udah minum seperempat atau setengah..
    dasar saya anak bandel..wkwkwkwkwk


    katanya siy kalo msh di bawah satu minusnya ga pake jg gapapa koq :D

  • pake kacamata itu sama sekali engga enak, tekanan di belakang telinga n hidung suka bikin pening kepala.. dulu kacamata cuma dipake buat di dalam ruang kuliah atau kalo mo cari angkot (biar tau jurusannya haha), sekarang berhubung minusnya dah tinggi terpaksa pake terus..
    banyak yang nyaranin pake contact lens tapi gak berani ah..wong pake obat tetes mata aja gak berani..
    buat yang matanya masih bagus, disayang2 deh matanya.. :-D


    hennah, caranya disayang2 itu gimana bunda? jarang difungsikan, alias tidur terus aja gitu? :D

  • hihi, selamat nah jd professormi
    kl0 pke kacamata kesanx jenius XD


    haha, cuma kesannya saja yak? sebenarnya tidak :lol:

  • kan bagus pake kacamata, pasti dicap pintar dan rajin membaca….wkwkwkwk


    tapi nda enak, bawa kaca kemana2 >.<

  • yaa…diitung aja mana yg lebih menguntungkan,
    pake kacamata biar keliatan lbh…
    atau
    tidak pakai kacamata dengan resiko jd semakin parah


    *sigh* iya siy… :|

  • sebetulnya, sama dokter saya disuruh pakai kacamata… tapi malesss… ribet lagi… akhirnya ya nggak pakai lah! semoga tetap sehat dan tetap bisa melihat!…
    *OOT: eh, cicisilent itu kalau nggak pakai kacamata berkurang cantiknya lho! sumpah!*


    wehh, semoga yg dimaksut membaca pujian ini :)

  • OOT: mesinmu ada masalah:

    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/illawi32/public_html/wp-content/plugins/smilies-themer-toolbar/smilies-themer-toolbar.php on line 381


    weh, pak Andy tau dari mana? iya siy, kmaren sempat diubek2, tapi ta’kirain dah beres

  • Wuihhhh, sama sampe sekarang pun saya berpikir mengenakan kacamata itu terlihat keren. tapi tetep gua kagak mau pake kacamata… kecuali kacamata untuk tujuan aksesoris


    kacamata riben ya kak? :cool:

  • pasti ribet yah kalo pake kacamata, kemana mana harus membawa sesuatu di atas hidung, dan saya sepertinya gak comfort dengan penggunaan contact lens. :)

    belum ada yg sa coba kak, tapi ndak taumi nanti. mudah2an ndakji deh :D

  • Saya ndak berkacamata mbak.. jadi ma’af ndak bisa share.. Btw jangan2 impian mbak masa kecil bakal terwujud.. hehehe.. *mlayu sek*

    Salam kenal mbak.. :)

    impian yang mana yak? hihi.. bedewe artinya mlayu apa? *ga ngeri bahasa jawa :D

  • hehe..tinggal pake aja…dan rajin minum jus wortel + kacang ijo supaya ga matanya sembuh *sudah terbukti*

    jus wortel ya? *gasukawortel* kacang ijo aja deh… ^_^

  • alhamdulillah phonank masih bisa melihat dengan fokus tanpa memakai kaca mata,, matapun masih baik.

    Namun yah kalau untuk melihat sekelebat gtu masih agak samar,, tp gak minus matanya.

    seperti halnya phonank waktu kecil, phonank juga berpikiran kalau pke kaca mata bisa terlihat keren dan ganteng,, ternyata pakai kacamata itu nggak enak,, karena ribet… misalkan kalau mau solat mesti dicopot,, atau gampang jatuh dan pecah.

    nah itu dia yg bikin males nank, copot2nya bikin repot T.T

  • saya juga males pakai kacamata, waktu general check up ketahuan mata saya nggak beres

    nggak beres gimana kang? diberesin atuh…

  • alhamdulillah saya tidak berkacamata…:P

    bagus. dijaga baik2 matanya :)

  • waktu SMA aka di pondok dulu pernah pakai kacamata karena sudah minus 2. awal-awalnya rasanya aneh saja tapi akhirnya terbiasa juga. tapi awal kuliah saya sudah tidak menggunakan kaca mata karena dapat mukjizat minus di mata saya turun menjadi 0,75

    weleh… mukjizat?? mau juga dunk dapetin mukjizat kek gitu. *bukan khusus anak pesantren doang kan yg boleh dapat mukjizat?

  • anugrah tuhan akan menurun seiring dengan waktu yang terus bertambah,maka syukurilah apa yang masih dinikmati saat ini,……..

    wih adem banged komennya. makasih ya ^^

  • mending segera periksa non…biar segera pasti harus pakai / tdk. Pake kacamata ga serem2 amat kok. Awalnya mmg agak ribet…tapi setelah terbiasa ga ada masalah… Penampilan dengan berkacamata juga ga kalah OK kok….jangan takut…. :P

    wait,, mbak mechta pake kacamata yak? nampak membela skali dan sangat mendukung ^^

  • Ga boleh ditunggu2x lagi non, kalo sudah memang waktunya pake kacamata segeralah periksa dan pakai kacamata. Apalagi kalo memang kerja didepan komputer emang buat mata cepat cape. Orang bilang biasakan setiap 30 menit menatap komputer, 5 menit untuk menatap sesuatu yang jauh.

    usul untuk istirahat tiap 30 menit itu sepertinya menarik. makasih sarannya yaaa

  • kesan pake kacamata?

    ada yang bilang tambah ganteng sih. tapi ada juga yang bilang, kalau di lepas kacamatanya sayah jadi lebih ‘manis’

    jadi bingung.. :D

    ealah.. bilang aja kalo pake ato ga pake tetep ganteng getu yak? huuu :P

  • saya sudah pakai kacamata sejak TK :lol: rasanya? sudah biasa, jadi ya biasa aja… hehehehe… :P ayo segera cek kak.. mudah2an ga musti pake kacamata.
    tapi kalo emang diharuskan pakai, yaaa welcome to the club deh :lol:

    aih aih.. ini beneran TK ga sih? trus skarang dah minus brapa put? gatau ne, masi ragu untuk cek..

  • Saat kuliah, saya pengen pake kacamata. Soalnya, biar kelihatan keren :D Pa dah kerja, kami diperika mata, hailnya teman2 saya harus pake kacamata, cuma saya yg gak.
    Akhirnya aya berjuang, dan mata saya bisa minus, trus pake kacamata deh
    Tapi sekarang saya nyesel juga :D

    astagaaaa berjuang demi bisa pake kacamata? weleh…. baru nemu orang kek gini :lol:

  • aku pernah periksa malahan kena silinder katane, tapi memang aku ga mau pake kaca mata soale kacamata malah bikin semakin bertambah bukane bikin sembuh. sampe sekarang aku ga pake cuma merubah kebiasaan aja biar ga parah, jangan liat tv sambil tiduran ato baca sambil tiduran ktne bikin parah mata

    kalo online sambil tiduran? eh itu mah nyusahin diri sendiri dan laptop yah :D

  • katanya sih untuk menghindarinya tiap dua jam kita berhenti sejenak dari monito. Kemudian pandangannya coba melihat ke arah yang jauh, misalnya pohon di seberang jalan, dll. Lumayan menbantu sih…

    *noted* makasih sarannya yaa. mudah2an bisa dipraktekkan. sekali lagi makasih :)

  • sbenernya diriku juga berkacamata sejak SMA kelas 3 sampe kuliah semester 2 atau 3 an, tapi pernah kacamata ilang, dan akhirnya g pake kacamata lagi, meskipun sebenernya sudah ada gantinya di kos.. tapi males aja, serasa ada beban menggelayut di hidung dan telinga..
    hmm.. tapi kalo pake kacamata kalo bikin tambah cantik, kenapa g dicoba mb?
    heheheh

    ga takut minus matanya bertambah kalo ga pake?

  • yayaya, pendapat illa sewaktu kecil sama dengan pendapat saia sewaktu kecil juga. ga tau latah atau bukan, keknya make kacamata tuh hebat. Macam detective conan. Eh tapi Nobita juga berkacamata (thinking).

    Anyway sebenarnya saia juga minus, dulu banget sih periksanya, pas masi SMA, katanya minus seperempat. Trus kata dokter ga usah pake kacamata ga papa :)

    wal hasil mpe sekarang ga pake kacamata. But setahun terakhir saia juga melototin leppi terus, takutnya minusnya tambah. tapi belum ada kesempatan buat periksa. soon maybe :)

    saran buat siempunya blog : Mending segera di periksakan aje, siapa tau ada kenapa2. (semoga fine2 aja) aamiin.

    kondisi kita sama ternyata mas… sama2 melototin lepi, dan sama2 gada waktu buat meriksain matanya :D

  • pake kacamata? ah … biasa-biasa saja tuh (walau kesel juga seperti orang ketergantungan :) ) saya sudah pakai kaca mata semenjak 2000 awal. seharusnya tahun 1998 saya diharuskan pake kaca mata karena sudah min 1 setengah. tapi saya bandel dan malu dipangil “four eye geek” sama teman-teman (bener dech orang-orang bule emang rada sadis kalau ngeledek, beda sama orang indonesia) … makanya pas pulang ke indonesia saya baru berani pake kacamata, hehehe …. alhasil nambah jadi min 3! busyet dah …. makanya kak, disegerakan sajalah pake kacamata … nanti malah tambah parah … kalau belum min dua sih bisa loh hilang min-nya asal dipake terus kacamatanya …. teman saya yang di SD pake kaca mata sekarang benar-benar bisa lepas sekarang. makanya saya nyesel banget.

    waa.. gitu yak. *manggut2* mudah2an dikasi keberanian deh buat meriksa :)

  • Saya sejak kelas 1 SMA hingga umur segini, hampir tiap hari seperti mbak, mantengin monitor terus, Alhamdulillah masih normal mbak :D Segera diperiksakan saja mbak (hassle)

    wew.. bener2 onliner sejati ^^ iya nih, nunggu sampe bener2 berani :P

  • lebih baik yang sesuai dengan kebutuhan, kalau memang diperlukan kacamata yang pakai saja, kalau tidak perlu ya tak usah

    nah ini kalo sudah kabur gini pandangannya, kira2 butuh tidak ya?

  • make softlense meq k’.. :)

    hah? ndak deh, temanku pernah make gitu napa jadi aneh kuliat. manna tong yg beningji, tetap lain2 diliak :lol:

  • alhamdulillaah aku belom pake kacamata, hhu padahal kalo online lama lama ternyata maata aku masih baikk

    huff

    *blogwalking

    mudah2an ga perlu pake yaa

  • putuskan saja yang terbaik untukmu sista…

    makasih say :)

  • saya udah make kacamata sejak SMP loh…. mpe kuliah juga fine2 ajah. hehe, ya mau bagaimana lagi, mensyukuri nikmat ilahi…

    suka kalimat terakhir.. “mensyukuri nikmat ilahi” ^^

  • banyak makan buah n sayur aja biar ga pake kacamata…… aku jg emoh klo pake kaca mata :)

    waa iya iya.. *noted* tapi buah apa ya yg baik untuk mata selain wortel?

  • Banyak mengkonsumsi buah dan sayur memang bagus, sayangnya saya sendiri sudah berkacamata bertahun-tahun dan belakangan ini mencoba untuk melepaskanya meski sewaktu-waktu saja hehe…


    akan dicoba pak, makasih sarannya :D

  • alhamdulillah saya juga tidak pake kacamata
    dan takut jika pake kacamata
    hehhe :D

    haha, tidak perlu takut. khawatir iya siy ^^

  • iya
    gak pede mungkin yaw
    karena gak terbiasa pake kacamata :D

    iya, kebiasaan pake mata “bersih” :P

  • saya juga dulu beranggapan seperti itu (dulu ya kawan-kawan waktu jaman masih ingusan hehehe )..
    tapi sekarang malah takut kalo pake kaca mata (entar dikira harry potter lagi :lol: )

    jyahahahahhaha.. dy narsis disini… :lol:

  • he..he..he..sy masih ingat sepasang suami istri berkacamata itu…wkwkwk..

    namanya keknya sama dengan anak sekolah yang pernah tinggal dirumah :lol:

  • wah, mbak! ane juga kurang tau dah, alhamdulillah sampai sekarang masih di beri penglihatan yang jelas dari yang Atas. jadinya ya masih bersyukur, hehe.
    Tapi kadang kalo ngeliat orang yang pake kacamata kayak ngeliat orang pinter dech, seperti sesosok orang yang suka baca bukulah, suka bacalah, pokoknya image-Na yang positif-positif, hehe.
    kadang jadi pengen, tapi Ane ndak mau punya mata Min dach!


    lebih baik gak pake emang mas, lebih sehat :)
    mudah2an ga sampe minus beneran yak

  • cerita mbak sama kayak jalan cerita ku…sekarang mataku jd minus n susah untuk dapat kerja…hu

  • sama :((, tapi bukan masalah mata

  • huhu *mewek* nasibmu sama sepertiQ…….. baru kemaren mataQ min kanan: 1/2 .kiri 1/4…. Gara2 kbnyak melototi smartphone…. Mudah2an sembuh yaaaa :-(

  • sdh pakai kacamata sejak kuliah rasanya sangat membantu penglihatan haghaghag
    kalau bisa jangan sampai pakai kacamata… jadi punya banyak keterbatasan, walaupun sebenarnya sdh banyak cara mengatasi. contohnya nih
    – kalau mau berenang/menyelam jadi mikir itu bagaimana caranya yak… ternyata kacamata renang sdh ada buat mata minus.
    – jadi g bisa pakai riben… padahal sdh ada lensa minus yg bisa berubah warna kalau di luar ruangan.
    – kalau baca sambil tiduran jadi suka keganjal kacamata jadi g nyaman… padahal ini yg bikin minusnya nambah XD

    enaknya jadi terlihat lebih pinter hehehe
    tapi suka liat cowok berkacamata :”) *malah jadi OOT gini

  • pake kacamata itu gak enak banget lah. karena aku hobi olahraga, jadi agak terganggu gitu, kayak pas renang gak bisa liat apa apa, pas lari keringetan kacamata melorot lah, dll.

    intinya pake kacamata itu menyebalkan. bersyukurlah kalian yg masih memiliki mata normal :)

  • saya juga waktu kecil beranggapan seperti kak Illa waktu kecil. hahaha,,

  • saya sih sudah 1/4..
    mo pake males.. ribet

Leave a Reply