diary, Refleksi

Hikmah Awal Tahun dan Awal Pekan

Bismillah…

Postingan pertama di 2010
Libur 3 hari kemaren, sayah tidak kemana2. Cuman bengong bolak balik nonton tipi sm onLen di rumah. Eh, sempat keluar siy, dapat traktitan dari teman yg ulang taon. Si Ibu bertitah, tidak usah kemana2. Macet, rawan bom, kan taon baru (wew, Ibu mule parno keknya). Wokkeh, sayah penurut kali ini.
Sedikit banyak saya flashback ke rentang waktu ke belakang. Bukan hanya setahun, tapi juga bertahun2 sebelumnya. Entah kenapa, kesendirian selalu membawa alam pikiran berkelana kemana2. Ya kerumah lah, ke kampus, ke teman2, dan pastinya tidak pernah ke kantor.

Selalu dan selalu ingin kembali ke masa silam. Liad FB-nya teman2 SMA, jadi kangen masa2 SMA. Ada jam istirahat, bawa buku pelajaran dan buku tulis yg dihias cantik2, waktu kelas 3 kangen masa2 les sore, persiapan Ebtanas dan SPMB, ugh…
Trus, masa2 kuliah. Jaman jadi maba, jadi praktikan, trus tiba masanya jadi Asisten. Sok sok galak sama praktikan, heheu.. :mrgreen: Trus momen KKN, KKL tour, mulai kerja part time, dan akhirnya suka duka menyusun TA sampai akhirnya mendapat gelar ST. Huhuhu.. kangen kangen kangen… *normal tidak siy, saya ini??*

Bukan cuma itu. Dengar suaranya Ibu, plus harapannya dia supaya sayah cepat balik ke Makasar (see? Dia bilang itu hampir setiap dy nelpon sayah. Pegimana saya tidak kepikiran?) juga membuat sy berpikir, dan bertanya2 ”Sampai kapan saya disini?” ”Ada rencana apakah wahai Tuhanku, yg ingin Engkau perlihatkan padaku, dalam keberadaanku ditempat ini?”. Semuanya masih berupa tanya. Sungguh, tak pernah kuragukan semua Rencana Indah-Nya untuk hamba-Nya. Hanya mungkin diri ini yg memiliki kadar kesabaran yg belum memadai, untuk bisa memaknai segala yg terjadi dalam hidup.

Sampai kejadian tadi pagi. Seperti biasa, keterlambatan sayah ke kantor selalu gegara angkot yg tidak bersahabat [hehe, bisanya menyalahkan yg lain yak?]. Kalo menurut estimasi waktu sayah, dengan jam segitu meninggalkan rumah, dan angkot yg berjalan normal, sayah tidak akan terlambat, masi bisa dibilang cepat malah.

Tapi ternyata eh ternyata saya salah duga. Dua angkot berlalu dengan manisnya dengan volume penumpang yg sudah sesak. Ufh.. sayah lupa, ini hari Senin. Biasanya memang agak padat penumpangnya. [pembenaran : tapi kan sayah sudah lebih pagi meninggalkan rumah]. Akhirnya tidak ada pilihan lain, sayah harus menunggu angkot lainnya. Jam sudah menunjukkan pukul 07.12.

Sayah mulai panik, kalo dengan jam segitu saja saya sudah di angkot, saya tetap harus buru2 jalan dari tempat berhenti angkotnya ke arah kantor (angkot tidak brenti tepat di depan kantor soalnya). Lha ini? Sudah lewat beberapa detik, dan yg dinanti2 blum datang juga. Saya sudah pasrah saja bakal terlambat. Dalam titik kepasrahan itu, kembali saya bertanya2

”kenapa ya, Allah menakdirkan ini sama saya? Rasanya saya sudah berusaha maksimal untuk tidak terlambat. Masalah angkot ini kan murni out of my control. Saya tidak bisa memaksa dan menentukan kapan angkot itu datang, apakah sesuai dengan jadwal saya agar tidak terlambat, atau tidak”

Saya masih sibuk bertanya2 ketika terdengar satu bunyi klakson. Ahha!! Itu ibu2 teman sekantor sayah [tapi beda ruangan] yg menyetir sendiri mobilnya. Langsung sayah naik, dapat tumpangan gratisan, ndak perlu jalan kaki pulak!

Kejadian kecil mungkin, hanya masalah seorang pegawe yg takut terlambat karena masalah angkot. Tapi disitulah Allah memberikan jawaban-Nya. Bahwa saya tidak diberi ruang di angkot itu karena Dia menyediakan tumpangan lain, yg lebih nyaman, tidak berbayar, dan langsung sampai ke tujuan. Dan bahwa betapa Dia selalu memiliki rencana indah yg sama sekali tidak terbayangkan sebelumnya. Begitulah Dia mengatur hidup hamba-Nya. Kadang yg terlihat baik tak selalu betul2 baik buat kita. Dan Dia-lah Yang Maha Tahu.

Tiba-tiba jadi ingat sama harapan Ibu (dan tentunya juga sayah). Dan untuk itu, saya hanya bisa berdoa. Sementara Allah mempersiapkan jawaban dari pertanyaan2 itu, kami berdoa diberi kesabaran untuk menantinya. Dan selalu ada jawaban indah bagi mereka yg mau bersabar. Saya percaya akan hal itu.

Oia, sempat baca2 artikel, nemu hadist ini :

“Dan senantiasa hamba-Ku mendekatkan diri kepadaKu dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya.” (HR. Bukhari no. 2506).

akhwat berdoa

Orang yang senantiasa melakukan amalan sunnah (mustahab) akan mendapatkan kecintaan Allah, lalu Allah akan memberi petunjuk pada pendengaran, penglihatan, tangan dan kakinya. Allah juga akan memberikan orang seperti ini keutamaan dengan mustajabnya (terkabulnya) do’a. (Faedah dari Fathul Qowil Matin, Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd Al Abad)

[sumber dari sini]

Insya Allah ini menjadi salah satu resolusi sayah. Lebih banyak lagi menghidupkan Sunnah-Nya. Banyak2 melaksanakan ibadah Sunnah akan semakin mendekatkan kita pada-Nya. Insya Allah.

Semoga tidak terhenti hanya pada resolusi yak. Mari, ber-fastabiqul khairat. Berlomba-lomba dalam kebaikan 🙂

[sumber gambar dari sini]

37 Comments

  1. Semoga tahun ini menjadi tahun yang barokah buat kita semua… semoga kita senantiasa menjadi orang beruntung, orang yang selalu lebih baik dan lebih baik lagi…

    met tahun baru ya


    Insya Allah, amiin.. 🙂

  2. Wetz, mantap k’,..saya doakn semoga sukses slalu dan harapan ibunya dapat terpenuhi…barakallah k’…


    Amiin, can’t say more than that sist ^^

  3. mantabs tausiyahnya, ustadzah… (worship) dah!

    ….
    ada 1 lagi tampaknya yg bertanya2 kenapa dirinya tersampar di sudut Pulau Jawa 😉


    ah bukan uztadzah ini, masi anak bawang 😀
    hmm… ya ya yaa ^^

  4. saat baca kalimat ini :
    ”Ada rencana apakah wahai Tuhanku, yg ingin Engkau perlihatkan padaku, dalam keberadaanku ditempat ini?”

    jadi inget sobat plurker yang juga blogger yang mempertanyakan hal yang sama.

    @ pradna : are we talking the same person ? :p


    yayaya… dan sepertinya orang ituh ga ngerasa yak? hihi… *lirik lirik komen dibawah* 😆

  5. mutiah says:

    mantappppppppp…
    banyak rahasia Allah yang akan diperlihatkan pada waktunya…


    iyah, semuanya memang menunggu waktu yg tepat, indeed..

  6. wow…
    resolusi na menambah amalan sunnah?

    nikah sunnah juga loh. jadi dong taun inih? ihiy…prikitiw…


    who knows? err… doain aja 😀

  7. demi masa, dan manusia akan selalu merugi, hehe, mengingat waktu agar tidak merugi, dengan menjadikan setiap detik terlewatinya dengan berarti. hehe


    yep, sepakat. semoga tidak ada detik yg berlalu dengan percuma yah.. 🙂

  8. anchi says:

    selalu dan selalu suka ma tulisanmu… **loppo ni ulunna** 😀
    amin… mudah2an trcapai resolusinya…
    mudaha2an kita semua bisa menjadi lebih baik, lebih “dewasa”, + bisa memaknai semua yang ada dalam hidup qta


    hihih, makasih bu dokter, semoga demikian pun adanya dirimu 😉

  9. semoga tercapai yah…
    mantap…
    great posting


    amiin, makasih ya 🙂

  10. ian cike says:

    mau tau RencanaNYA?… intip Lauh Mahfudz. semua ada di situ..hehehehe…


    hehe, nda mauja’ tauk. Nda serumi nanti, hihi… oia, mwja saja tauk kapan yg komen ini menikah, bosanmi mamakku bilangi

  11. just want to write this, “Tuhan tahu, tapi menunggu”.


    sepertinya salah satu judul bab di SP yak? hehe..

  12. *flasback b bbrapa taon lalu..*
    2004..k’illa jadi OC ku..
    2005..praktikum LLD..saia jdi praktikanx k’illa… 😀


    hehe, dan cici salah satu praktikan yg banna’, eh pernahki sa pegang kah? *lupa 😀

  13. resolusinya bagus yah! spiritual banget.. resolusi saya malah kyknya berlandaskan sama ego pribadi banget hehe.. pengen ini pengen itu. mulai sekarang saya akan berguru pada mbak illa :mrgreen:

    happy new year!


    hadohh, jangan berguru sm sayah, kita sama2 belajar saja. termasup soal pengalaman2nya bang elia yg awesome 🙂

  14. ayoo mbak tetep semangat dan istiqomah ya..

    🙂

    iyah, sama2 saling menyemangati kita 🙂

  15. Allah menjelaskan bahwa amal perbuatan yang kekal lagi saleh itu lebih baik pahalanya di sisi-Nya serta sebaik-baik harapan untuk masa depan di akhirat. Maka di awal tahun ini, mari kita tekadkan diri untuk menggunakan sisa umur kita dengan sebaik-baiknya. Karena kita tak tahu, apakah masih bisa menyaksikan pergantian tahun di akhir Desember mendatang.


    Amin, semoga tak ada yg sia2 dari sisa waktu yg kita miliki. Makasih taujihnya pak ^^

  16. Mdh2an sllu dlm lindungan dan berkahnya ya… Amiin… 🙂


    Amiin, buat benk juga. mudah2an kita semua bisa lebih bijak menjalani hidup 🙂

  17. met taun baru,,,
    good luck ya
    salam kenal


    salam kenal juga, makasih sudah mampir disini 🙂

  18. Biasanya jika libur, jika sendiri selalu ada rasa kangen pada bunda tercinta, rindu masa lalu semua itu pernah kurasakan juga, dengan kesibukan mungkin bisa terobati.


    hehe, iya mah, makanya suka menyibukkan diri dengan blogging, tapi jatoh2nya tetep kangen lagi 😀
    mungkin bagusnya menyibukkan diri dengan ke maLL? hihih…

  19. doa dan harapan seorang ibu pasti akan menjadi kenyataan selama kita sebagai anaknya selalu berbakti kepadanya


    Amiin, itu yg selalu menguatkan sayah, bahwa doa seorang ibu itu selalu diterima 🙂

  20. yuk semangad yak 😀 moga sukses selalu taun 2010


    amiin, for you too, dear ^^

  21. wah kalo ini posting pertama awal tahun brarti coment awal th dunk


    hehe, ini juga jadi bales komen awal tahun *napa jadi ribet yak 😆

  22. Semuga hikmahnya bisa barokah mbak Illa.


    Amiin, makasih ya sudah mampir di mari 🙂

  23. Wah, ternyata Mariska harus banyak belajar di sini ya kak? Salam kenal dari Mariska di Kendal Jateng kak.


    kita sama2 belajar yaa, salam kenal juga. disini iLLa disurabaya 😀

  24. Salam kenal dari Mariska di Kendal Jateng kak, Mariska belum dapat hikmah dari awal tahun ini.


    pasti ada koq, mungkin belum ketauan, mungkin nanti insya Allah 🙂

  25. wah, ditunggu mbak illa update artikel barunya…


    hehe, maab sayah ga bisa sesering mas hanif apdetnya, sibuk dikantor jg sih *nggaya* 😀

  26. mari tingkatkan amalan kita mbak 🙂
    tuk mempersiapkan bekal hari nanti


    yuk marii, berlomba2 dalam kebaikan daf 🙂

  27. Hairullah says:

    Salam kenal nih buat ila.. Hehe ,, mau jalin silaturahmi.. Kunjungi blogku juga ya 😀


    salam kenal juga, iyah makasih dah mampir kesini, abis bales2 komen baru walking2 kesana ya 😉

  28. Waduh2…

    phonank kayak lagi nonton acara Mama dan A’a nih,, yang hostnya si abdel…
    yang tayang setiap abis shubuh,hehehehe


    jyaaa… si phonank mah, masih muda ne, blom jadi mama, heheu.. ^^

  29. Aku mau ikut akh…

    mari kita sama2 bersaing dalam amal kebaikan, agar Allah senantiasa memberikan perlindungan dan rizki kepada kita semua


    nah gitu donk, phonank, sayah aminkan doanya phonank aja yaww, Amiin 😀

  30. nitnut says:

    wew… i love ur blog kak.. *kdip kdip

    *pantas qta bilang brkabung blog ku 🙂


    haha, iya, ganti sai itu theme-nya, bikin taku2 bah 😀

  31. met tahun baru ya
    salam kenal


    salam kenal juga yah, makasih sudah mampir disini ^^

  32. kabarmu gimana sekarang illa…


    baik baik aja mah, hihi… ga sering apdet yak, sayah? 😀

  33. blog wAlking


    makasih ya sudah walking2 kesini

  34. Holla mba Illa, maaf OOT ya. Salam kenal ajah dari Yanti di Lampung. Ijin daftar dan subscribe ya Mba Illa.?


    salam kenal juga, makasih ya 🙂

  35. Awal tahun, waktu yang tepat buat planning dan menepati konsekuensinya.


    sepakat pak, semoga bisa menepati setiap rencana yg dibuat

  36. salam kenal illa,,nice post!semoga umur kita diberi keberkahan di tahun ini yak…


    Amiin, makasih udah mampir disini mbak ^_^

  37. Subhanallah.. menginspirasi ane gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *